Bunga Teratai

Bunga Teratai

Bunga teratai atau yang sering di sebut sebagai bunga lotus merupakan bunga yang sangat indah dan cantik yang biasa kita jumpai di rawa atau sungai.

Bunga yang cukup unik ini jarang kita temui sebagai tanaman hias karena tidak tau cara menanam dan merawatnya. Bunga yang tumbuh di media berlumpur dan berair ini mungkin saja sangat tidak efisien bila kita tanam di dalam pot.

bunga teratai

Bunga teratai sering di sebut juga bunga keabadian juga bunga nirwana.

Bunga teratai memiliki nama latin Nymphaea dari keluarga Nymphaeaceae.
Di negara kita bunga teratai di sebut dalam dua jenis yaitu water lily dan juga bunga Lotus. Padahal di berbagai negara kedua jenis bunga tersebut berbeda.

Biasanya jenis tumbuhan yang tumbuh di air memiliki lapisan lilin pada daunnya. Namun, ternyata daun teratai tidak demikian. Sehingga saat bagian daun terkena air maka tidak akan membentuk butiran butiran air.

Batang pada tanaman teratai akan tumbuh rizoma yang terletak di dalam lumpur hingga terhubung ke daun yang terletak di permukaan air. Jika kebanyakan batang pada tumbuhan lain terhubung keujung daun maka batang teratai terhubung ke tengah tengahnya.

Bunga ini ternyata memiliki banyak varites, yaitu ada sekitar 5 jenis teratai yang tersebar di seluruh dunia. Jenis yang sering kita jumpai di Indonesia antara lain Nymphaea Alba atau bunga teratai putih dan nymphaea heudelotii atau teratai ungu dan pink.

Teratai jenis di atas biasa tumbuh di perairan tenang yang kedalaman nya mencapai 30- 150 meter dengan iklim tropis Indonesia. Bunga teratai ini memiliki batang yang mengangkat bunga nya naik ke permukaan sehingga bunga tidak terkena permukaan air. Memiliki daun yang lebar dan datar ke habitatnya adalah salah satu ciri khas dari bunga teratai Indonesia. Biasanya daun daun akan mengambang di perairan sehingga bunga saja yang menonjol kepermukaan.

Karena keunikannya ini lah banyak pencinta bunga hias rela membuat kolam hanya untuk di tanami bunga yang merupakan simbol keagaman bagi penganut ajaran Hindu Budha ini.



Leave a Reply

Your email address will not be published.